Kamis, 03 Maret 2016

cara mudah membuat blog

 
Ini adalah tutorial cara membuat blog gratis di blogger  yang di persembahkan oleh buatblog.net. Anda dapat mengikuti panduan ini secara gratis, mudah dan cepat yang dilengkapi dengan gambar. Disini selain belajar memulai membuat blog, Anda juga bisa belajar SEO secara gratis. Untuk mengetahui apa itu SEO, Anda bisa membacanya disini.
 

cara mudah membuat blog di blogger




Artikel ini berhubungan erat dengan cara memilih niche blog. Karena niche blog berfungsi sebagai karakter si penulis. Selain itu niche blog juga membantu Anda untuk mempermudah Anda untuk mengisi artikel blog. Maka, memilih niche blog itu hukumnya wajib.

Sebelum melanjutkan pada tutorial inti cara membuat blog gratis alangkah baiknya jika anda memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan blog dan fungsinya.


PENGERTIAN APA ITU BLOG

Menurut Wikipedia, blog adalah sebuah apikasi web yang terdiri dari beberapa halaman yang terdapat tulisan, gambar, vidio pribadi secara online yang selalu diperbarui. Ini adalah tempat untuk mengekspresikan diri kepada dunia. Sebuah tempat untuk berbagi pikiran dan gairah hidup Anda. Anda bisa menulis apapun yang Anda inginkan.

Blog juga bisa dikatakan sebagai situs pribadi Anda yang bisa Anda perbarui kapunpun Anda mau. Tidak ada batasan apapun kecuali Anda melanggar TOS pemilik platform blog tersebut.

APA ITU FUNGSI DARI BLOG

Pada awalnya blog di gunakan sebagai tempat untuk menulis buku diary. Lambat laun blog digunakan untuk berbagi media onlain seperti berita, tutorial dan sebagainya. Dan kini seiring berkembangan zaman blog digunakan sebagai tempat untuk mengail uang melalui internet.
Blog sekarang bukan hanya tempat berexpresi tapi sudah menjadi pekerjaan rumahan yang akhir akhir ini sangat digandrungi oleh kalangan anak muda mencari tambahan uang saku mereka untuk bersekolah. Selain itu jika blog yang Anda kembagkan dengan konsisten Anda bisa menjadi miliader muda seperti Mark Zuckerberg bos Facebook.

Harap di perhatikan! Sebelum membuat blog, alangkah baiknya Anda membuat logo terlebih dahulu. Mengingat logo itu sangat penting untuk kemajuan blog Anda atau bisnis Anda agar mudah di kenal orang,

Jika Anda belum mengetahui apa itu logo? Logo adalah suatu gambar yang memiliki filosofi, konsep, serta tujuan yang mudah di ingat oleh banyak orang. Logo juga bisa di artikan sebagai pembeda atau jati diri.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu logo blog, Sekarang saatnya Anda membuat logo sendiri. Jika Anda pandai dalam urusan desain mungkin membuat logo itu mudah, namun jika Anda tidak mengerti sama sekali tentang desain! Anda bisa membuat logo di situs Logaster.com. Disana selain gratis Anda juga bisa membuat favicon secara gratis hanya cukup mendaftar disana.

Kelebihan dari situs logo generator lainya. Logaster jauh lebih bagus ketimbang yang lainya. Karena di Logaster Anda bisa mengedit logo dengan mengubah warna, text dan tata letak. Selain itu Anda bisa mendownload logo dan favicon dengan format PNG, PDF, SVG dan JPG melalui akun Anda.

Nah, jika Anda sudah membuat logo dan favicon di Logaster, saatnya kita mulai proses pembuatan blog.

Mengapa Saya Harus Membuat Blog di Blogger?

Ya, pertanyaan itu muncul ketika saya ingin membuat blog pribadi saya. Kenapa harus membuat blog di blogger padahal ada platform lain penyedia layanan blog gratis selain blogger, seperti WordPress, BlogDetik, Webly dan lain lain. Sebenarnya simpel sih, untuk memilih platform mana yang terbaik untuk membuat blog. Saya memilih blogger, karena banyak kelebihanya, berikut kelebihanya;

1)Blogger itu Milik Google

Blogger.com sering kita kenal sebagai blogspot. Kita tahu Google adalah mesin pencari terbaik di seluruh dunia. Maka, secara tidak langsung blogger itu istimewa, selain itu blogger mudah sekali mendapatkan peringkat baik di mesin pencari. Contoh ketika Anda mencari sesuatu di google dengan mengetikkan kata kunci pasti nomer satu adalah blogspot dan sangat jarang sekali ada platform Wordpress di urutan pertama. Iya kan!

2)Blogger itu User Friendly

Nah jika Anda tidak tahu user friendly itu apa? user friendly adalah sesuatu yang mudah digunakan. Inilah salah satu mengapa saya menyarankan Anda untuk membuat blog di blogger, selain gratis, juga mudah untuk digunakan, walaupun Anda seorang pemula.

3)Blgger itu SEO Friendly

SEO friendly adalah ramah dengan mesin pencari atau bisa dibilang sahabat mesin pencari. Blogger itu mudah sekali di optimasi tidak perlu repot download sebuah pluggin Anda hanya perlu memahami coding HTML. Dan jika Anda tidak paham dengan coding HTML, banyak kok penyedia templat SEO frindly yang gratis tanpa Anda harus repot dengan coding HTML.

4)Blogger Bisa di Daftarkan Google Adsesnse

Jika Anda membuat blog di WordPres secara gratis, Anda tidak bisa menghasikan uang dari platform tersebut, Anda hanya dieri kesempatan untuk menulis artikel saja kecuali Anda memiliki pengunjung yang banyak untuk dipasangi iklan dan itupun kalau ada yang mau. Tapi blogger BISA mendapatkan uang dengan mudah jika Anda diteria Google Adsense. Ya, walaupun tidak mudah diterima, tapi masih banyak cara lain untuk mendapatkan uang dari blog gratis seperti blogger.

Walaupun ada sedikit kelemahan blogger, tapi secara luas blogger adalah pilihan nomer satu yang tidak boleh Anda lewatkan. Jadi, masihkan Anda ragu untuk membuat blog di blogger?

Lalu Apa Sih Manfaat Sebuah Blog?

Setiap orang memiliki tujuan tersendiri mengapa mereka memulai membuat blog, sama dengan saya dan Anda, kita mempunyai tujuan yang berbeda dengan blog yang sudah kita bangun. Tapi ada kalanya tujuan tersebut tidak bisa kita capai mungkin itu belum takdir kita, tapi kita tidak boleh putus asa, walaupun gagal tentu kita juga memiliki manfaat tersebut tak terkecuali penglaman, Anda tahu kan kekuatan pengalaman itu seperti apa? Dan berikut manfaat memiliki sebuah blog;

1)Menjadi orang yang lebih baik. Blogging membantu Anda berpikir lebih jelas, berkomunikasi dengan intensionalitas dan membangun bakat kreatif Anda.

2)Meningkatkan tulisan Anda. Kemampuan MENULIS dilengkapi dengan latihan yang teratur dan membuat blog akan membantu Anda untuk menulis secara cepat.

3)Membuat suara Anda didengar. Dari pada Anda melakukan demo, dengan membuat blog Anda bisa menyuarakan anspirasi Anda biar orang banyak mendengarkan Anda!

4)Membuat perbedaan. Mungkin Anda bebeda dengan orang kebanyakan, orang lebih suka hura hura, tapi Anda membuat blog untuk mengembangkan kreatifitas, itu bagus sekali!

5)Menghasilkan uang. Butuh waktu dan komitmen tetapi orang membuat uang riil dari blog. Itu memang tidak mudah, tapi jika Anda sungguh sungguh niscaya semua terwujud.

Itu baru sekian banyak manfaat dari membuat blog, masih banyak lagi. Tidak heran jika perkembangan blogger kini makin pesat, karena manfaat tersebut.

Ok, sudah saatnya kita kembali ke topik pembahasan, yaitu cara membuat blog gratis di blogger lengkap dengan gambar, sebagai berikut;

Langkah Mudah Membuat Blog di Blogger (Blogspot)

Untuk memulai menggunakan Blogger, silahkan masuk dengan Akun Google Anda. (Jika Anda menggunakan akun Gmail, Google Groups, atau orkut, berarti Anda sudah memiliki akun Blogger.) Jika Anda tidak memiliki Akun Google sebelumnya, silahkan Anda membuat akun google disini.

Membuat Blog di Blogger

Untuk memulai membuat blog di Blogger, silahkan kunjungi homepage Blogger, masukkan username dan password Anda, lalu klik Masuk / Sign in.
 
cara membuat blog
Jika Anda di bawa ke halaman seperti gambar di bawah ini, kemudian klik lanjut ke Blogger.
      cara mudah membuat blog di blogger
Pada halaman selanjutnya (jika tampil seperti gambar di bawah ini). Kemudian klik link Blog baru untuk memulai! (lihat di sebelah kiri). Jika tampilan bahasa di Blogger Anda bahasa Inggris, Anda bisa menggantinya, klik gambar GERIGI di sebelah kanan atas, scroll ke bawah pilih bahasa Indonesia. Tunggu beberapa detik browser Anda akan mereload halaman hingga berubah menjadi bahasa Indonesia.
cara membuat blog di blogger
Kemudian Anda akan di arahkan pada halaman melayang (seperti gambar di bawah ini). 
cara membuat blog keren di blogger
Silahkan Memilih alamat (URL) dan judul blog. Kemudian, pilih template blog favorit Anda (ini adalah bagaimana blog Anda akan terlihat ketika Anda mempublikasikannya). 
Perhatian: Dalam beberapa kasus, alamat blog yang mungkin Anda pilih tidak tersedia, maka usahakan Anda memilih alamat (URL) yang unik dan sedikit panjang. Seperti yang sudah saya utarakan di atas, Blogger adalah platform yang populer, tentu alamat (URL) sudah banyak yang menggunakan. Jadi, usahakan yang unik yang mungkin belum dimiliki oleh orang. Anda bisa melihat contoh seperti ini caramembuatemail46 (alamat url akan diakhiri dengan blogspot.com). Jika Alamat (URL) Tersedia! Silahkan pilih templat sesuai keinginan Anda. Kemudian klik link Buat Blog.
cara mudah membuat blog


Pada tahap ini blog Anda sudah jadi dan siap untuk pengeposan. Klik pada link Entri Baru (sebelah kiri atas) untuk memulai membuat postingan!

Memulai Menulis Postingan Baru


Setelah blog baru Anda siap, saatnya Anda memulai membuat postingan baru. Untuk mempelajari cara menulis artikel berkualitas, silahkan baca link tersebut.

cara membuat blog di blogspot

Pada gambar di atas, perhatikan poin demi poin untuk memulai membuat postingan dengan sempurna.

  • Poin pertama; Buatlah judul yang ingin Anda bahas, misal cara membuat blog gratis 2015.
  • Poin kedua: Mulai membuat artikel. silahkan menulis di kotak yang tersedia sesuai apa yang ingin Anda bahas.
  • Poin ketiga; Buat label. memberi label bertujuan untuk mengelompokan artikel yang masih terkait dengan postingan blog Anda.
  • Poin keempat; Membuat link yang mengarah ke artikel Anda. Nah, pada poin ini jika Anda masih bingung, biarkan saja biar di buat secara otomatis oleh blogger.
  • Poin kelima: Publiskan. Jika artikel Anda sudah selesai Anda bisa langsung mempubliskan atau lihat Pratinjau dulu sebelum mempubliskan artikel.
  • Poin keenam: Simpan. Jika Anda belum selesai menulis artikel dan ingin meneruskan di kemudian hari, simpan terlebih dahulu di draf dengan cara klik Simpan.
Untuk memulai membuat artikel kembali, caranya sama dengan yang pertama dengan mengklik Entri Baru setiap ingin menulis artikel baru.

Mengganti Templat Blogger

Nah, mungkin Anda kurang tertarik dengan templat bawaan blogger dan Anda ingin membuat tampilan blog Anda menarik itu bisa Anda lakukan. Caranya klik link Template ( disebelah kiri bawah) lihat gambar di bawah ini.
cara membuat blog keren
Lihat disebelah kanan atas, kemudian klik link Cadangkan / Pulihkan. Lalu Anda akan di arahkan kehalaman seperti gambar di bawah ini;
cara cepat membuat blog di blogspot
Nah untuk mengganti templat, tentu Anda harus memiliki file templat terlebih dahulu. Anda bisa memilih templat disini Templat Simple SEO Friendly. Setelah Anda mendownload templat baru Anda klik Chose File pilih file yang berformat xml yang sudah Anda download tadi kemudian klik pada Unggah. Tunggu proses hingga selesai!
Catatan:
Unduh templat terlebih dahulu sebelum mengganti templat yang baru. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika templat Anda gagal untuk di ganti, jadi Anda bisa mengembalikan templat tersebut seperti semula.

Jika templat Anda berhasil di ganti, akan muncul tampilan seperti ini ( lihat gamba dibawah ini).


cara membuat blog menarik


Untuk melihat tampilan blog baru Anda, silahkan klik Lihat Blog dan lihat hasilnya. Contoh seperti gamba di bawah ini.



Nah apakah Anda masih bingung dengan cara membuat blog sekarang? Jika Anda masih bingung silakan Contact Us saya, insyaallah akan saya bantu. Semoga bermanfaat.
 
sumber   http://www.buatblog.net/2015/02/membuat-blog-di-blogger-cara-terbaru.html

0 komentar:

Posting Komentar

Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.

My Blog List

Blogger templates

Followers